Cara Update Bios Motherboard Asus

Jumat, 29 Mei 2015

Cara Update Bios Motherboard Asus

BIOS ASUS
Motherboard ASUS

Kebetulan, motherboard PC ama laptop saya itu merk ASUS. Dan bisa dibilang cara update BIOS-nya ga ribet-ribet amat lah ya, hehe. BIOS (Basic Input/Output Services) itu sistem utama yang mengontrol operasi startup dan hardware komputer. Seperti halnya antivirus, BIOS ini sebenernya penting untuk selalu diupdate. Mmm... meskipun sebenernya sih saya ga pasang antivirus sama sekali di PC maupun laptop, hehehe. 
Update BIOS biasanya berguna buat mengatasi masalah-masalah hardware. Ato kalo ada hardware keluaran/tipe baru yang terpasang ke motherboard jadi bisa terbaca. Kebanyakan update BIOS berguna untuk meningkatkan performa komputer biar full speed. Dan meningkatkan stabilitas sistem tentunya. Ada risikonya juga sih kalo update BIOS-nya gagal. Bisa-bisa komputernya malah ga bisa booting. Dan tentu saja kalo ga bisa booting karena gagal di BIOS-nya, install ulang juga ga bisa. Ada cara benerinnya tapi ribet biasanya. Mendingan ganti atau upgrade motherboard aja, haha. Tapi jangan khawatir, update BIOS jarang gagal kayanya. Ga ada masalah biasanya. Cuma satu yang penting: jangan sampe komputernya mati pas lagi update BIOS. Misalnya karena mati listrik ataungajepret (apa coba? :D). Kalo pake laptop atau netbook sih enak ya, kan pake baterai. Atau kalo PC yang pake UPS juga ga perlu khawatir. Meskipun begitu, ada istilah “kalo ga rusak, jangan diperbaiki”. Ya iyalah, apa yang mau diperbaiki kalo ga ada yang rusak? Eits, tapi di sini maksudnya kalo ga ada masalah dengan hardware ya amannya sih ga usah diupdate BIOS-nya. Ntar kalo malah bermasalah gimana? Misalnya, pernah ada kasus temen saya ternyata VGA-nya jadi ga kebaca. Yang kebaca malah yang onboard-nya. Eh tapi tenang aja kalo soal itu, kita bisa 
Meskipun begitu, ada istilah “kalo ga rusak, jangan diperbaiki”. Ya iyalah, apa yang mau diperbaiki kalo ga ada yang rusak? Eits, tapi di sini maksudnya kalo ga ada masalah dengan hardware ya amannya sih ga usah diupdate BIOS-nya. Ntar kalo malah bermasalah gimana? Misalnya, pernah ada kasus temen saya ternyata VGA-nya jadi ga kebaca. Yang kebaca malah yang onboard-nya. 
Eh tapi tenang aja kalo soal itu, kita bisa backup dulu BIOS-nya sebelum diupdate. Jadi kalo nanti misalnya bermasalah, tinggal balikin aja BIOS yang sebelumnya udah dibackup.

Ah goblog sya ini. Katanya BIOS harus terus diupdate kaya antivirus supaya ningkatin performa komputer atau laptop. Tapi terus malah bilang takut ada risikonya. Eh terus bilang lagi jangan khawatir. Tapi terus bilang ga perlu kalo ga ada masalah. Eh terus bilang lagi kan bisa dibackup. Hahaha. Dan yang lebih utama lagi, kok malah jadi ngalor-ngidul begini?
Katanya BIOS harus terus diupdate kaya antivirus supaya ningkatin performa komputer atau laptop. Tapi terus malah bilang takut ada risikonya. Eh terus bilang lagi jangan khawatir. Tapi terus bilang ga perlu kalo ga ada masalah. Eh terus bilang lagi kan bisa dibackup. Hahaha. Dan yang lebih utama lagi, kok malah jadi ngalor-ngidul begini? :P Yuk ah mari kita langsung aja sekarang mah ke cara update BIOS motherboard ASUS. 

1.      Cek dulu versi BIOS yang sekarang.
Pertama, buka Registry Editor. Caranya tekan logo  Caranya tekan logo Windows + R pada keyboard. Ketik  Ketik regedit lalu Enter/OK. Atau bisa juga lewat Start Menu.
Kalo di  Kalo di Windows XP, klik Run.... Nanti muncul jendela  Nanti muncul jendela Run seperti gambar di atas, sama aja.

Cara Update Bios ASUS
Tampilan Pada Windows XP


Kalo yang Windows 7, ketik regedit di kotak pencarian.
Klik kanan  Klik kanan regedit.exe lalu pilih Run as administrator.

Cara Update Bios ASUS
Tampilan pada Window 7

Setelah jendela Registry Editor terbuka, buka folder registry berikut:
My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System.

Cara Update Bios ASUS
Jendela Registry

Di panel sebelah kanan bisa dicek tanggal dan versi BIOS-nya. 
SystemBiosDate = tanggal BIOS. 
SystemBiosVersion = versi BIOS.

2.      Download BIOS dan BIOS Utilities yang terbaru.
Buka website ASUS Support di sini http://adf.ly/1I1cPKKetik model yang di cari pada kotak Model Name Search.
Klik  Klik Search. 

Cara Update Bios ASUS
ASUS CENTER

Klik model yang sesuai di hasil pencarian.

Cara Update Bios ASUS
ASUS CENTER

Pilih sistem operasi yang sesuai.  

Cara Update Bios ASUS
ASUS CENTER

Ada dua yang perlu didownload yaitu BIOS dan BIOS-Utilities.

Cara Update Bios ASUS
ASUS CENTER

Klik link BIOS lalu cek versi terbaru (biasanya paling atas). Bandingkan sama versi yang ada di registry pada langkah ke-1 di atas. Kalo tidak ada yang baru ya berarti tidak usah diupdate, hehe. Kalo ada yang baru, download . 
Pilih yang  Pilih yang Global buat downloadnya.

Cara Update Bios ASUS
ASUS CENTER

Download juga BIOS-Utilities yang terbaru.
Caranya sama.

Cara Update Bios ASUS
ASUS CENTER


3.   Copy file-file yang diperlukan ke USB Flashdisk 
      Extract dulu file-file yang udah didownload tadi tentunya. Lalu cari dua file berikut:
BUPDATER.EXE·P7P55D-E-DELUXE-ASUS 1601.ROM (namanya mungkin aja beda soalnya tergantung model dan versi yang didownload, pokoknya sih file *.ROM)
Setelah itu, siapkan flashdisknya. Format dengan menggunakan sistem file FAT 32 atau FAT 16 kalo ada. Jangan yang lain.

Cara Update Bios ASUS
Format FlashDisk
Setelah diformat, buat folder baru di flashdisk. Kasih nama  Kasih nama BIOS sebagai nama foldernya. Copy file BUPDATER.EXE dan P7P55D-E-DELUXE-ASUS 1601. ROM ke dalam folder tersebut.

Cara Update Bios ASUS
File Download

4.      Update BIOS motherboard ASUS.
Langkah terakhir, saya ambil langsung dari ASUS-nya. Ada videonya di bagian akhir kalo mau liat. Pertama, restart komputer atau laptopnya.
Tekan-tekan  Tekan-tekan F8 sampai masuk ke boot menu.

Cara Update Bios ASUS
Tombol F8

Cara Update Bios ASUS
BOOT MENU

Pilih USB flasdisknya sebagai boot device. Tekan Enter

Cara Update Bios ASUS
BOOT MENU

Di mode DOS, ketik CD BIOS lalu tekan Enter supaya masuk ke folder BIOS yang sudah dibikin di langkah ke-3 di atas

 
Cara Update Bios ASUS
MENU BIOS
Ketik DIR lalu tekan Enter.

Cara Update Bios ASUS
MENU BIOS


Nah ada dua file yang kita sudah masukin tadi ke flashdisk
yaitu BUPDATER.EXE danP7P55D~1.ROM (harusnya sih P7P55D-E-DELUXE-ASUS
1601.ROM tapi karena terlalu panjang jadinya DOS-nya terbaca P7P55D~1.ROM).

Cara Update Bios ASUS
MENU BIOS

Sebelum update, lebih baik kita backup dulu dengan cara ketik: BUPDATER /OOLD.ROM
Perhatikan ada spasi antara BUPDATER dan /OOLD.ROM.
BUPDATER adalah nama file exe yang kita masukin ke flasdisk. /O adalah nama perintah buat backup (huruf o). OLD.ROM adalah nama file backupnya.

Cara Update Bios ASUS
MENU BIOS

Tekan Enter lalu tunggu sampai proses backup selesai.

Cara Update Bios ASUS
Proses Backup

Cara Update Bios ASUS
Proses Backup

Kembali ke DOS, ketik DIR lalu tekan Enter. Kita bisa liat file backupnya udah ada dengan nama  Kita bisa liat file backupnya udah ada dengan nama OLD.ROM.

Cara Update Bios ASUS
DOS

Sekarang untuk update BIOS, ketik : BUPDATER /IP7P55D~1.ROM.
Perhatikan ada spasi antara BUPDATER dan /IP7P55D~1.ROM. BUPDATER adalah nama file exe yang kita masukin ke flasdisk. /I adalah nama perintah buat ngebackup (huruf i). P7P55D~1.ROM adalah nama file rom BIOS-nya.

Catatan: karakter ~ ada di kiri atas keyboard. Di bawah Esc dan di sebelah kiri angka 1. Harus pakai Shift buat pakenya.

Cara Update Bios ASUS
Menu Bios

Tekan Enter tunggu sampai proses update selesai.
Ingat, jangan sampai mati laptop atau komputernya. Hehe.


Cara Update Bios ASUS
Proses Update

Setelah selesai, restart..


Cara Update Bios ASUS
Finish




Sekian Postingan tentang Cara Update BIOS Asus..
Semoga Bermanfaat...

Sallam Blogger...

1 komentar:

  1. babyliss pro nano titanium curling iron - Titanium Artworks
    A few months ago, ceramic or titanium flat iron we titanium hip received a mail from MOPR on a snow peak titanium spork piece of aluminum pieces that are part of the titanium mountain bikes Habanero Peppers and Habanero Chili Peppers $10.00 · ‎In titanium framing hammer stock

    BalasHapus